Thursday, July 7, 2011

Membuat Blog/Website


Kenapa kita harus mempunyai Website/Blog ?
Website atau Blog ibarat brosur/kartu nama bagi bisnis kita, dimana calon konsumen akan mendapatkan informasi yang banyak dan lengkap mengenai produk/jasa yang akan kita jual maupun affiliate.
Dengan menggunakan Website/Blog tidak ada batasan informasi yang kita berikan kepada calon konsumen, kita bisa memberikan informasi berupa tulisan, gambar, bahkan video sehingga calon konsumen akan mendapatkan informasi yang jauh lebih lengkap dan menggoda bila dibandingkan dengan informasi yang didapat dari Brosur, media cetak, media luar ruang dan media lainnya yang memiliki keterbatasan dan biaya yang mahal.
Dengan memiliki Blog dan Website sendiri, kita bisa berkreasi sesuka kita, semakin kreatif, maka akan semakin banyak peluang bisnis yang bisa kita peroleh dari website yang kita miliki, misalnya kita bisa menawarkan iklan bagi perusahaan yang produknya berhubungan dengan tema website kita, kita bisa mempromosikan website kita yang lain, kita bisa menampilkan foto kita, kita bisa menampilkan produk affiliate kita, kita bisa bekerjasama dengan Google Adsense atau lainnya untuk menempatkan iklan PPC di blog/website kita, dan masih banyak keuntungan lainnya.
Apa saja yang perlu dipersiapkan untuk membuat Blog/Website ?
Untuk membuat website/blog, yang pertama harus kita persiapkan adalah nama domain dan hosting. Nama domain itu seperti nama toko kita misalnya sekolahcariduit.com, sayanganak.com, belajarhipnotis.com dan lainnya, sedangkan hosting itu adalah lokasi toko kita agar orang lain bisa membuka website kita dari seluruh dunia, kalau di toko online, hosting itu misalnya di pasar tanah abang atau lainnya.
Nama Domain itu harus kita beli di penjual Domain dimana biasanya kita harus bayar pertahun mulai dari Rp 85.000,- sedangkan hosting kita bayar perbulan dan besarnya biaya tergantung paket yang kita ambil, kalau hosting dengan fitur sederhana untuk pemula sekitar Rp 10.000,- perbulan. Hosting ada yang di Indonesia dan ada yang diluar negeri seperti USA jadi tergantung pasar yang ingin kita bidik.
Bagi sahabat Gaya yang modalnya terbatas, jangan khawatir karena sekarang banyak penyedia domain dan hosting Gratis dan sahabat Gaya bisa dapatkan Domain yang gratis diwww.co.cc dan hosting di www.awardspace.com.
Setelah mempunyai nama domain dan hosting, langkah selanjutnya kita harus mempersiapkan materi isi dari website/blog kita, gambar, dan video jika perlu agar terlihat profesional.
Langkah selanjutnya untuk mempermudah pembuatan blog/website agar tidak harus mengerti bahasa program, kita harus menggunakan software
Pembuat website seperti Frontpage, dreamweafer, xsitepro, dan lainnya tapi bila ingin yang mudah dan praktis bisa menggunakan blogspot,wordpress, joomla dan lainnya.
Apa kelebihan dan kekurangan dari masing-masing program diatas ?
Untuk pemula dan ingin belajar cara mudah dan gratis dalam membuat blog/website, saya menyarankan untuk belajar dengan menggunakan Blogger/wordpress terlebih dahulu karena selain mudah juga GRATIS, selain itu semakin hari semakin banyak fitur maupun template yang sudah ditambahkan di blogger maupun wordpress sehingga blog/website kita terlihat lebih profesional. Bila menggunakan Blogger atau wordpress, kita tidak perlu lagi memusingkan beli domain dan hosting karena semua sudah disediakan secara Gratis. Tugas kita hanya mengetikkan materi blog/website, menambahkan gambar, dan menambahkan video jika diperlukan, setelah semua dimasukkan maka blog/website kita sudah bisa digunakan untuk mencari duit.
Blogger dan WordPress juga memiliki versi yang bayar dan Gratis, kalau yang Gratis nama domain yang kita gunakan berakhiran blogspot.com atau wordpress.com misalnya catlia.blogspot.com atau radiogaya.blogspot.com sedangkan yang berbayar nama domainnya langsung berakhiran .com atau .net atau .info dan lainnya.
Bila kita menggunakan frontpage,dreamwafer, xsitepro dan lainnya biasanya akan lebih rumit bagi pemula karena program ini biasanya diperuntukkan untuk tujuan yang lebih profesional dimana kita bisa berkreasi semaksimal mungkin dan menambahkan script sebanyak mungkin.
Bila diibaratkan kaos, blogspot/wordpress itu adalah kaos yang sudah jadi tinggal kita beri warna, sablon/bordir sesuai kreativitas kita dan dipercantik semau kita, sedangkan frontpage/dreamweafer/xsitepro dll merupakan kaos yang masih dalam bentuk bahan / benang yang harus kita design dari awal, mulai dari ukuran, model, potongan dan seterusnya sehingga bagi pemula lebih mudah tinggal memberikan sablon/bordir. Jadi kedua pilihan diatas dari kelebihan dan kekurangannya tinggal kita mau pilih yang mana.
Bila ingin mencoba menggunakan Blogger/Wordpress yang gratisan, apa yang harus kita lakukan ?
Langkah pertama yang harus kita lakukan bila ingin membuat blog dengan menggunakan blogger adalah kita harus mempunyai salah satu produk google seperti gmail.com, bila belum punya maka kita harus buat terlebih dahulu.
Setelah memiliki salah satu produk google, kita kunjungi www.blogger.com lalu klik Get started dan disana ada form isian yang harus anda isi mulai alamat email, pasword, jenis kelamin, ulang tahun, dan lainnya lalu ikuti saja dengan menjawab pertanyaan yang diminta.
Saat memasukkan pilihan nama domain, pilihlah nama domain yang berhubungan dengan produk kita, misalnya kita ingin membuat blog yang bertemakan golf, maka kita cari nama domain yang ada kata golf nya sampai kita mendapatkan nama tersebut.
Setelah kita isi semua data yang diminta, maka kita bisa memulai untuk membuat blog dengan menggunakan blogger. Cara membuat blog sudah saya buatkan video tutorialnya dan bisa dilihat di www.sekolahcariduit.com dan disisi sebelah kanan ada tulisan Cara Membuat Blog yang Mudah dan Gratis dan di halaman tersebut sudah ada video tutorial yang bisa anda pelajari dan di PRAKTEKKAN mulai dari daftar sampai memasang accesories dan sampai online diseluruh dunia.
Untuk wordpress yang gratis caranya juga hampir mirip dimana anda tinggal mengunjungiwww.wordpress.com lalu sign up now dan ikuti prosedur selanjutnya.
Nah bagaimana dengan Frontpage, Dreamweaver, Xsitepro dan lainnya
Bila ingin membuat website/blog dengan menggunakan Frontpage, dreamweaver, xsitepro dan lainnya, langkah pertama kita harus download dan install program tersebut di komputer anda, bila sudah terinstal kita bisa langsung menggunakannya sama seperti menggunakan Ms.Words tapi kita harus bisa membuat template yang bagus atau mencari templatenya di internet. Setelah selesai maka kita harus meng upload nya ke server hosting kita dengan menggunakan software, salah satunya adalah fillezilla yang bisa didapat secara gratis di internet.
Saat melakukan file transfer dengan menggunakan filezila, pastikan nama server, nama user dan pasword tidak salah agar proses pemindahan bisa berlangsung dengan aman
Pastikan kita sudah mendapatkan nama domain dan hosting dan sudah mengkoneksikan antara domain dan hosting tersebut agar bisa live di seluruh dunia
Hal penting dalam membuat blog/website
  • Nama domain harus berhubungan dengan produk yang akan kita jual atau topik website kita
  • Isi/konten dari blog/website harus memuat kata kunci/keyword dari produk/tema yang kita sasar
  • Diusahakan memuat gambar yang berhubungan dengan blog/website kita, bisa dicari di google
  • Di usahakan ditambahkan video yang berhubungan dengan tema blog/website kita, bisa dicari di youtube
  • Pasang semua jaring uang dalam website/blog kita

No comments:

Post a Comment